Hati-Hati, Mainan Favorit Anak Ini Bisa Memicu Penyakit Kulit

Hati-hati, mainan favorit anak ini bisa memicu penyakit kulit. Mainan adalah sarana bagi anak untuk bermain dan belajar, Namun hati-hati, jangan salah pilih mainan yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada anak. Orang tua harus selektif dalam memilah dan memilih jenis mainan yang aman, tidak melukai anak dan terutama yang tidak memicu timbulnya gangguan kulit ketika anak meyentuh dan memainkan mainannya, kuncinya orang tua harus memperhatikan terlebih dulu bahan dan kandungan dari pembuatan mainan tersebut.

Berikut Jenis Mainan Yang Bisa Memicu Penyakit Kulit

1. Tatto Henna Anak

 

Orang tua harus waspada terhadap pemakaian tato henna pada anak-anak. Personel grup musik Attomic Kitten, Natasha Hamilton menceritakan pengalaman buruknya yang menimpa sang putra, Alfie saat menggunakan tato henna.
Dilansir Huffington Post, Natasha mengaku saat anaknya berusia enam tahun membuat tato henna di kakinya. Namun seminggu kemudian, tato tersebut berubah menjadi radang di kakinya berupa ruam merah di sepanjang motif tato yang dibuat. “Ini reaksi yang mengerikan setelah anak saya membuat tato henna di kakinya saat liburan beberapa waktu lalu. Reaksinya terjadi seminggu setelah tato dibuat,” tulis Natasha melalui akun Twitter @NatashaOffical.
Natasha juga mengunggah foto kondisi kaki sang anak yang tak mulus lagi. Kendati demikian, dia menilai Alfie tidak merasakan sakit sama sekali di kakinya. Dia pun berharap alergi tato henna tersebut tidak meninggalkan luka parut di kaki sang buah hati.
Selain itu, ada berbagai jenis henna lainnya yang bisa menyebabkan alergi. Namun, untuk kasus seperti Alfie, bahan kimia yang terkandung dalam henna bisa membakar kulit.
Sementara, reaksi yang ditimbulkan akibat pemakaian tato henna pun beragam, mulai rasa tidak nyaman, rasa terbakar di kulit, bengkak, kulit kemerahan hingga bersisik hingga luka parut permanen untuk kasus ekstrem.
Nah,, untuk yang satu ini bunda harus berhati-hati yah.. demi keamanan sebaiknya hindari pemakaian tato henna kepada buah hati anda.

2. Slime

 

Bermain dengan slime memang mengasyikan, dengan teksturnya yang lentur dan mudah di bentuk dan di kreasikan, sangat baik sekali untuk melatih perkembangan motorik halus anak, namun dibalik itu semua terdapat bahan kimia yang cukup berbahaya dari proses pembuatannya yang bisa mengancam kesehatan kulit anak.
Sebuah penelitian lain di Universitas Antwerp, Belgia juga menemukan sebuah mainan populer yang mampu menyebabkan dermatitis kontak. Masalah kulit itu ditimbulkan dari mainan slime.
Peneliti menyebutkan pada sebagian anak, slime bisa menyebabkan ruam merah gatal di tangan. Berdasarkan riset, sudah ada dua kasus anak yang mengalami dermatitis kontak kategori berat pada telapak tangan.
Keduanya bermain dengan slime terbuat dari lem tekstil dan deterjen rumah tangga, yang mengandung konsentrasi tinggi bahan kimia dengan potensi iritasi. Ketika mereka berhenti memainkan slime, ruam tersebut hilang.

Selain itu terdapat jenis-jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada anak, diantaranya adalah:

Campak

Kudis (scabies)

Impetigo

Biang keringat

Eksim

Kurap (kadas)

Dermatitis kontak

Cacar air

 

Itulah jenis penyakit kulit yang sering di derita oleh anak dan jenis mainan yang berbahan tidak ramah anak sehingga dapat menimbulkan akibat penyakit kulit pada anak.
Semoga anda dan seluruh orang tua bisa lebih waspada dan bersikap bijak dalam membelikan mainan terbaik untuk buah hati tersayang.
Jangan panik jika mendapati buah hati mendapatkan salah satu dari jenis penyakit kulit pada anak di atas. Jika bingung atau ragu-ragu dalam menghadapinya, segera atasi dengan pertolongan pertama yang bisa di lakukan di rumah dengan pengobatan alami, atau konsultasikan kepada dokter kulit atau dokter anak.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: